Jumat, 01 Februari 2013

Daya Tarik Hanbok


Bila berbicara tentang drama-drama korea, yang mengambil setting pada zaman dinasti kerajaan-kerajaan korea zaman dulu yang muncul di pikiran saya pertama kali adalah HANBOK. Yupsss,,hanbok salah satu hal yang membuatku menjadi makin tertarik dengan segala hal yang berbau Korea. Hanbok salah satu pakaian yang menurutku sangat unik dengan perpaduan warna cerah yang sangat indah. Untuk lebih jelas,,,pada kesempatan ini saya akan membahas sedikit mengenai hanbok. 


Apa itu hanbok??????

Hanbok adalah pakain tradisional Korea Selatan atau Choson-ot untuk sebutan di Korea Utara. Sama halnya seperti batik atau kebaya di indonesia, hanbok merupakan salah satu ciri khas dari Negara Korea Selatan khususnya. Ketertarikanku pada Hanbok,,kembali tidak lepas dari kecintaanku menonton drama-drama korea. Beberapa tahun yang lalu, saya pernah menonton drama Korea yang mengisahkan tentang kisah seorang Gadis yang menjadi seorang Gisaeng yang diperankan oleh Ha Ji Won dimana pada saat itu gadis penari itu selalu menggunakan Hanbok,,sungguh menakjubkan melihat Ha Ji Won menari dengan mengenakan Hanbok *pingin punya :)






Istilah Hanbok itu berasal dari kata han dan bok. Han adalah sebutan untuk orang Korea: orang Han, sedangkan bok adalah pakaian. Jadi, saat kita menyebut Hanbok sebenarnya kita menyebut "pakaian orang Han".

Hanbok yang kita kenal itu adalah pakaian tradisional masyarakat Korea pada Era Dinasti Jeoseon (1392-1910 M). Pada masa itulah paham Konfusianisme diterapkan secara legal di Korea. Saat itu, terjadi pembedaan pakaian yang dikenakan masyarakat Korea. Golongan Yangban atau golongan Atas mengenakan hanbok berwarna-warni dengan hiasan bordir dan sulaman yang indah dan bahan yang terbuat dari sutra. Golongan masyarakat umum atau rakyat biasa mengenakan hanbok sederhana terbuat dari bahan kain katun dengan pembatasan warna, yakni hanya warna putih, pink muda, hijau muda, dan abu-abu.

Bagi sebagian orang,,tidak terkecuali saya,,pada awalnya menyangka bahwa Hanbok adalah sebutan pakaian tradisional Korea untuk wanita saja,,namun ternyata Hanbok itu sendiri merupakan sebutan pakaian tradisional masyarakat Korea untuk pria dan wanita.  Hanbok dipakai secara formal ataupun semi formal dalam perayaan atau festival tradisional. Pada umumnya masyarakat Korea akan mengenakan hanbok pada tahun baru imlek ataupun perayaan chuseok (Thanks giving day).



 

Buat lebih jelasnya lagi mengenai Hanbok itu sendiri,,yukk ngintip sebentar bagian2 dari Hanbok. 

Woman's Hanbok




Man's Hanbok




keterangan bagian bagian hanbok :
  1. Jeogori: ialah bagian atas dari hanbok ( baju ).Untuk hanbok laki-laki ukurannya lebih besar dan simple, sedangkan untuk wanita agak pendek dan ditandai garis lengkung  dan dekorasi yang lembut. 
  2. Deong Jong : yaitu krah yang berwarna yang berwarna putih . 
  3. Otgoreum (Cloth Strings):  adalah pita yang dipakai pada baju hanbok untuk wanita, merupakan Tali yang mengikat Jeogori, fungsinya seperti kancing di Era Modern saat ini. Tali ini menjuntai di atas Jeogori hingga ke atas rok (chima). Dapat pula menjadi hiasan hanbok  
  4. Baerae : Jeogori dengan bentuk lengan pendek atau disebut juga magoja 
  5. Sokbaji : Dalaman chima dengan bentuk seperti celana. 
  6. Sokchima : Dalaman chima dengan bentuk seperti rok. 
  7. Beoseon : Kaos Kaki
  8. Chima : adalah rok pada bagian hanbok. Ada berbagai macam jenis chima, ada yang lapisan tunggal dan ada juga yang double.
  9. Pattern:  susunan gambar atau garis  dan juga perpaduan warna. 
  10. Gat : Topi pria Korea
  11. Durumagi : Pakaian terluar yang dipakai pada waktu-waktu tertentu, dipakai setelah Sokgui. 
  12. Kkotsin : Sebutan untuk sepatu yang terbuat dari sutra.
Selain itu,,masih ada juga lho istilah2 lain dari Hanbok misalnya baerae ( pada lengan ), kket dong ( lengan ) dan lain sebagainya. Oh,iya hampir lupa nich...sering kita melihat pada hanbok cewek terdapat pita pada bagian atasnya kan,,,itu namanya Otgoreum. Tau gak sih,,cara ngikatnya itu gak boleh sembarangan tau,,,ada cara tersendiri buat ngikat pita itu,,ini nih cara ngikatnya:

 
1. Ada dua sisi yang kita anggap A ( kiri )  dan B ( kanan ) . Letakkan sisi A di atas sisi B.
2. Sisi A putar dan tarik ke atas.
3. Dengan panjang kira-kira 10 cm lipat sisi B
4. Kembali sisi A diputar ( di talikan ) lagi.
5. Tarik dan rapikan.
6. Atur keserasian panjang antara kedua sisi tersebut

Nah,,tman-tman sekarang udah pada taukan hanbok itu apa,,bagian-bagiannya serta bagaimana cara ngikat  Otgoreum nya.  Hmm,,,jadi tambah pengen punya hanbok nih..!!!  ^_^

Weitzzz,,ada yang hampir kelupaan nih. Terlepas dari kekaguman kita terhadap pakaian tradisional negara Korea (hanbok),,,tetap pakaian tradisional dari Indonesia (batik dan kebaya) tetap harus selalu menjadi yang terbaik dan nomor satu di hati kita. I love Indonesia :-)


referensi: http://biologyjjang.blogspot.com/2011/02/hanbok-pakaian-tradisional-korea.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar